Jumat, 27 Juli 2012

PANTAI CIANJUR

PANTAI CIANJUR JAWA BARAT



Siapa bilang di Cianjur tidak ada Pantai/Laut??
Buat temen temen kampus semua ni yang belum pernah kesana hahahahaha
Dengan bangga mempersembahkan Pantai Cianjur hehehee..

Sekedar bercerita sedikit, di Cianjur ada beberapa pantai yang paling terkenal emang Pantai Jayanti, tapi sebenarnya ada Pantai Sereg juga disana, saya pernah kesana dan udaranya sejuuuuukkk banget dan perjalananya beeehhh assyyikkk pemandangannya luar biasa. Saya pikir perjalanan kesana ga jauh beda sama ke Pangandaran kalo dari Bandung sekitar  6 jaman, belum lagi kalo ke pangandaran pas weekend macet banget..kalo ke Pantai Cianjur dijamin gabakal ada macet kecuali pas Lebaran dan kalo lewat Cianjur kota, temen2 jangan khawatir tempat istirahat karena diperjalaan tepatnya di Sukanegara berhamparan kebun teh nan indah, pas sukanegara pasarnya juga ada Bakso yang enak tuh disitu hhehee..
Walaupun ombak disana cukup besar tapi cukup aman asal jangan tengah tengah bgt berenangnya hheheee..
Bahasan kita kali ini adalah mengenai Pantai Jayanti Cianjur, baca terus ya :)


Infonya diambil dari http://www.cianjurcybercity.com
Keberadaan Pantai Jayanti memang belum sepopuler Pangandaran, Ciamis, atau Pelabuhanratu, Sukabumi. Tapi panorama alamnya, tak kalah dengan dua obyek wisata tersebut. Itulah Pantai Jayanti di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur selatan, Jawa Barat, sekitar 143 km arah selatan dari pusat Kota Cianjur.
Pantai Jayanti yang baru ditata tahun 80-an dan dikenal sebagai obyek wisata sepuluh tahun kemudian, memang belum mampu menandingi kepopuleran Pangandaran dan Pelabuhanratu yang sudah berkembang puluhan tahun lebih dulu.
Jayanti memang masih terbebas dari polusi apa pun, apalagi polusi udara atau pencemaran air. Pemukiman penduduk saja belum terlalu banyak. Kecuali barangkali adanya bau anyir ikan, dan ini sebetulnya aroma khas sebuah objek wisata yang sekaligus merupakan sebuah pelabuhan nelayan.

Di sana terdapat bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), serta di depannya terdapat kios-kios pengecer ikan dan kios jajanan lain serta warung nasi yang dapat menyediakan ikan bakar sesuai pesanan.
Kondisi pantainya sendiri terbangun atas pasir laut di sebelah kanan dan batu-batu karang di sebelah kiri. Ombak samudera bergulung-gulung, lalu berdebur menerpa batu-batu karang.
Beberapa puluh meter dari pantai terdapat pelataran parkir cukup luas. Hanya beberapa puluh meter pula terdapat beberapa penginapan milik swasta. Tarifnya relatif murah, rata-rata Rp 75 ribu per malam.
Pantai Jayanti bisa ditempuh dari Kota Cianjur dan Bandung melalui dua ruas jalan, yakni ruas jalan Kota Cianjur-Sindangbarang-Cidaun dan Bandung-Ciwidey-Naringgul-Cidaun.
Tapi untuk menuju Jayanti melalui ruas jalan Bandung-Naringgul-Cidaun yang berkelok-kelok dan naik-turun, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum dari bandung hanya sampai di Balegede. Kecuali pengunjung mencarter angkutan umum bisa sampai ke Pantai Jayanti.

Karena itu wisatawan yang datang ke Jayanti umumnya menempuh perjalanan dari Kota Cianjur. Di Kota Tauco ini, tepatnya di Terminal Pasirhayam, cukup tersedia angkutan umum berupa bus dan Elf yang langsung menuju Cidaun dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. 



Buat kawan2 semua ayo berkunjung kesana bakal seru bgt pokonya :D 



1 komentar: